Jumat, 10 April 2015

Posted by Unknown |
KENIKMATAN SESAAT, KERUGIAN SELAMANYA
Pada zaman sekarang ini, telah terjadi perubahan terhadap gaya hidup pelajar. Hal ini dapat kita lihat dari pola hidup mereka yang terkesan semrawut. Para pelajar telah kehilangan konsep hidup sehat. Mereka tidak lagi menerapkan gaya hidup sehat. Mereka banyak melakukan kegiatan yang justru mengancam kesehatan badan mereka. Kita dapat melihat hal itu dari kebiasaan merokok di kalangan pelajar.
                Kebiasaan merokok di kalangan pelajar memang sudah tidak bisa ditutupi lagi. Rokok di kalangan remaja selalu dijadikan sebagai alat ukur pergaulan. Hampir semua pelajar sudah terjangkiti kebiasaan merokok ini. Selain itu, pelajar tingkat sekolah dasar sudah banyak yang merokok. Padahal, di semua sekolah sudah terdapat suatu peraturan amat penting yang menyatakan bahwa siswa dilarang merokok. Bahkan, tidak jarang ibu atau bapak guru memberikan penjelasan tentang kerugian-kerugian jika kita menerapkan gaya hidup tidak sehat, misalnya kebiasaan merokok.
Apa saja bahaya merokok?
Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa seorang perokok selain menyebabkan kecanduan juga menyebabkan banyak gangguan kesehatan, seperti kanker, impotensi, penyakit jantung, penyakit pernapasan, penyakit pencernaan, ginjal, efek buruk bagi kehamilan dan janin, dan masih banyak lagi.
Terdapat 599 zat tambahan yang digunakan untuk bahan produksi rokok dan daftar zat tambahan ini adalah rahasia yang telah lama disimpan oleh para produsen rokok. Zat-zat tambahan ini boleh digunakan untuk makanan, tapi tidak untuk dibakar.
Dengan membakarnya, maka komposisi yang terkandung di dalamnya dapat berubah dan menjadi racun kimia atau zat penyebab kanker. Karbon monoksida, nitrogen, hidrosianiada dan ammonia terdapat di sebatang rokok, begitu juga dengan 43 jenis zat penyebab kanker dapat terhirup perokok pasif dan tentu saja aktif. Jadi, perokok sudah pasti meracuni dirinya sendiri dan juga orang-orang yang berada di sekitarnya.
                Jika kita memperhatikan kondisi ini tentunya sangat membahayakan eksistensi pelajar sebagai sumber daya manusia bangsa ini. Jika mereka dibiarkan terjebak dalam kondisi negatif seperti ini, dikhawatirkan pada saatnya nanti mereka akan kehilangan jati diri.
                Hal ini tidak dapat dipungkiri, bahwa gaya hidup sehat seharusnya ditanamkan sejak dini kepada para pelajar. Hal ini karena tujuan dan manfaat hidup sehat sangatlah jelas bagi kita. Jika kita sehat, maka hidup sangat membahagiakan diri. Tetapi, ketika penyakit menyerang tubuh kita maka kenikmatan hidup tidak bisa kita rasakan.
                Banyak pelajar yang memburu kenikmatan sesaat dan melupakan kenikmatan sepanjang hidupnya. Bahwa kesehatan merupakan kenikmatan yang tidak ternilai. Dan untuk mengkondisikan hal tersebut, maka salah satu caranya adalah menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan kita.
                Kebiasaan merokok dikalangan pelajar memang sudah saatnya mendapat perhatian ekstra. Hal ini terkait dengan ancaman kesehatan yang semakin merurun. Seperti yang kita ketahui bahwa merokok banyak menyebabkan banyak kerugian baik untuk diri sendiri maupun orang lain.
                Oleh karena itu, maka sudah saatnya kita mencanangkan perang terhadap kebiasaan merokok dikalangan pelajar. Dan itu artinya semua pihak harus saling membantu pelaksanaan program ini. Kita harus mulai menerapkan peraturan yang ketat atas kebiasaan negatif para pelajar.
Ada beberapa strategi yang dapat dicoba, guna menghentikan kebiasaan buruk merokok. Diantaranya :
1.       Rencanakan waktu berhenti
Rencanakan kapan anda akan berhenti merokok untuk selamanya. Waktunya mungkin saja beberapa hari ke depan atau 2 minggu lagi. Menjelang hari berhenti merokok itu, anda kurangi jumlah rokok yang dihisap setiap harinya.

2.       Bantu diri anda sendiri
Dalam merencanakan dan menjaga keinginan anda untuk berhenti merokok, carilah informasi mengenai rokok dan penyakit yang ditimbulkan dari berbagai sumber terpercaya seperti Yayasan Kanker Indonesia, Yayasan Jantung Indonesia, atau Komite Nasional Penanggulangan Masalah Merokok.
3.       Cold turkey
Merupakan strategi dengan langsung berhenti merokok. Jika anda memilih cold turkey maka anda akan mengalami gejala-gejala putus rokok, seperti semua orang yang berhenti merokok seperti tidak sabar (restlessness), nafsu makan bertambah, mudah tersinggung. Disarankan agar anda mencari bantuan saat anda berhenti merokok, baik itu berupa dukungan ataupun pengobatan.
4.       Olahraga
Olahraga akan membantu anda mengatasi stres dan berat badan yang bertambah setelah anda berhenti merokok.
5.       Terapi alternatif
Beberapa perokok mencoba metode hipnotis atau akupuntur untuk membantu mereka berhenti merokok, meskipun tidak banyak yang terbukti berhasil. Namun, bila metode tersebut membuat anda berhenti merokok, berarti metode tersebut cocok dengan anda.
Merokok jelas-jelas menyebabkan banyak gangguan kesehatan, tidak hanya bagi perokok itu sendiri tapi juga orang-orang disekitarnya, seperti yang sudah banyak dibuktikan oleh para peneliti. Banyak fakta juga menunjukan bahwa merokok membebani ekonomi keluarga untuk tujuan yang tidak produktif.

Jadi, jika anda sayang pada diri anda sendiri, sayang pada keluarga, peduli dengan orang-orang sekitar anda, dan juga lingkungan anda Berhentilah Merokok Sekarang Juga !

0 komentar:

Posting Komentar